Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TUGAS MATA KULIAH GLOBALISASI


TUGAS MATA KULIAH GLOBALISASI

OLEH : ABD. RAHMAN ASRIL
TUGAS MATA KULIAH GLOBALISASI

1. Apakah Globalisasi Menguntungkan Masyarakat ?


Secara umum globalisasi merupakan suatu proses dimana bata-batas suatu negara menjadi semakin sempit karena kemudahan interaksi antara negara baik berupa pertukaran informasi, perdagangan, teknologi, gaya hidup dan bentuk-bentuk interaksi yang lain. Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas negara menjadi biasa. Globalisasi juga bisa dimaknai sebagai proses dimana pengalaman kehidupan sehari-hari, ide-ide dan informasi menjadi standar di seluruh dunia. Proses tersebut diakibatkan oleh semakin canggihnya teknologi komunikasi dan transportasi serta kegiatan ekonomi yang merambah pasar dunia. Dengan kata lain globalisasi merupakan proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui elektronik maupun media cetak. Globalisasi terbentuk oleh adanya kemajuan dibidang komunikasi dunia. Globalisasi didefinisikan sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi. Secara umum, Pengertian Globalisasi adalah suatu proses pengintegrasian manusia dengan segala macam aspek-aspeknya dalam satu kesatuan masyarakat yang utuh dan lebih besar. Globalisasi sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Yang artinya bahwa tidak ada batas-batas yang dapat menghalangi manusia untuk saling berinteraksi  dan saling tukar informasi dengan manusia serta dapat meringankan segala pekerjaan manusia dengan adanya tekhnologi tersebut.  
Dengan adanya globalisasi, perubahan yang telah terjadi di masyarakat seperti kecanggihan teknologi baik dari segi informasi maupun komunikasi, maka tidak heran bahwa globalisasi akan menjadi jalan pada pertukaran budaya sampai dengan hubungan sosial, ekonomi dan segala hal secara internasional antara negara-negara di dunia tanpa memandang status sosial, batas wilayah maupun perkembangan yang ada di dalamnya. Dengan adanya teknologi memberikan manfaat waktu bagi masyarakat, misalnya dikembangkannya dalam bidang pertanian. Penelitian bibit unggul, pembuatan mesin traktor, dan penggarapan sawah yang baik, membuat petani yang awalnya memanen padinya enam bulan sekali, sekarang sudah dapat memanen padinya setiap tiga bulan sekali. 
Adapun keuntungan lainnya dengan adanya globalisasi antara lain :
Dalam bidang pendidikan, yang terpenting dalam bidang ini adalah dapat meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dari orang tersebu, Munculnya media-media sebagai sumber ilmu. Karena mereka dapat belajar di luar daerah maupun luar negeri guna meningkatkan kualitas hidup yang nantinya akan membantu masyarakat dalam mengembangkan daerah tersebut serta sistem pembelajaran tanpa harus bertatap muka. 
Dalam hal lapangan pekerjaan, dengan adanya globalisasi tersebut dapat memperluas lapangan pekerjaan. Karena para perusahaan asing akan menuju negara-negara berkembangan seperti negera indonesia guna memperluas lapangan pekerjaan.
Dibidang informasi, dengan adanya globalisasi ini dapat mempererat komunikasi antara negara yang satu dengan yang lainnya dengan komunikasi. Setiap informasi lebih mudah diakses hampir seluruh setiap sudut di dunia. 
Dibidang transfortasi, hal penting dalam hal globalisasi dibidang transfortasi adalah dapat mempermudah manusia untuk pergi antar daerah, maupun negara dengan cepat dengan berbagai transfortasi yang tersedia. Maka dengan mudah dapat menghantarkan berbagai produk-produk  dengan cepat diberbagai belahan dunia. 

Dibidang ekonomi, dengan adanya globalisasi dapat menciptakan kemakmuran masyarakat disuatu negara, produk global dapat ditingkatkan, meluaskan pasar untuk produk dalam negeri, serta dapat memperoleh peningkatan modal karena mempunyai alat teknologi yang baru. 
Sehingga secara umum globalisasi menguntungkan masyarakat dalam berbagai bidang, karena dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam guna meningkatkan taraf hidup mereka dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu menambah pengetahuan dari masyarakat karena berbagai informasi yang telah didapatkan. Namun, meskipun demikian, globalisasi dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, dengan adanya globalisasi tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi masyarakat itu sendiri, salah satunya dari gaya hidup, Perubahan gaya hidup, misalnya peniruan atau imitasi secara berlebihan terhadap diri seseorang yang lagi dijadikan sebagai idolanya. Fenomena semacam ini biasanya hinggap dikaum remaja yang sedang mencari-cari identitas dirinya. Seperti halnya yang disampaikan oleh Trimarsanto bahwa : 

           “Gejala peniruan terhadap diri penyanyi rock, Michael Jackson, baik tentang penampilan,    pakaian, ataupun potongan rambutnya, sesemuanya  itu seolah-olah hendak diaktualisasikan.  Bahkan, tak jarang yang menggunakan falsafah hidup si bintang ternama itu, termasuk            keinginan mengetahui resep apa yang digunakan untuk meniti karier hingga sukses mencapai ketenaran dan popularitas di tingkat dunia” (Trimarsanto, 1993)

Adapun hal negatif lain yang disebabkan oleh adanya globalisasi  antara lain :

  • Masyarakat semakin heterogen
  • Memudarnya nilai-nilai kebudayaan tradisional
  • hilangnya rasa tolong menolong sesama masyarakat
  • akan menyebarnya budaya asing
  • munculnya prilaku konsumtif dimasyarakat yang mengakibatkan masyarakaat kurang kreatif.
Jadi, dengan hadirnya globalisasi ini akan membawa pengaruh/dampak bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia tentunya. Dampak tersebut mencakup dua sisi yaitu dampak positif maupun dampak negatif. Dampak-dampak yang mempengaruhi globalisasi tersebut, dapat dikembalikan ataupun diintropeksi kepada diri kita sendiri sebagai generasi muda agar tetap menjaga etika dan budaya dengan baik dan benar serta menghindari/menjauhkan diri dari dampak negatif pada globalisasi tersebut.

2. Apakah Globalisasi Menguntungkan para Pemilik Modal ?

Saat pasar lebih menyebar untuk produk dalam negeri , maka perdagangan luar negeri yang bersifat lebih luas dan bebas dapat memungkinkan pada setiap negara memiliki sebuah pasar yang jauh lebih luas daripada pasar dalam negeri. Dan ada penyedia dana tambahan untuk pembangunan ekonomi itu dapat membawa dampak yang cukup baik, karena sebagaimana diketahui bahwa pembangunan sektor industri dan sektor lainnya itu bukan saja dilestarikan oleh pihak perusahaan asing, akan tetapi lewat investasi yang digunakan oleh perusahaan swasta domestik. Sering kali perusahaan domestik ini membutuhkan modal dari bank atau pasar saham. Dana dari luar negeri khususnya negara-negara maju dan berkembang saat berada dan memasuki pasar modal dan pasar uang di dalam negeri akan dapat membantu dalam menyediakan modal sebagai kebutuhannya.

Sehingga menurut saya, globalisasi justru sangat menguntungkan para pemilik modal, sebut saja para pemilik ataupun berbagai macam alat tekhnologi yang sangat diperlukan oleh semua manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta mempermudah manusia dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Sehingga para pemilik modal berlomba-lomba untuk membuat suatu produk yang sangat diperlukan oleh manusia, guna mendapatkan penghasilan yang besar dari penjualan produk tersebut. Nah, dengan adanya produk teknologi tersebut, membuat manusia ketergantungan terhadap teknologi, sehingga membuat berbagai  alat-alat teknologi laku disuatu negara serta akan menambah produksi dari alat teknologi yang nantinya akan di jual disetiap negara yang sangat memerlukan alat teknologi terutama negara Indonesia yang sangat membutuhkan alat-alat canggih untuk meningkatkan taraf hidup di negaranya. Sehingga para pemilik modal akan mendapatkan penghasilan yang sangat besar dari penjualannya.

Dari segi peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara, maka pandangan ini menyatakan bahwa suatu perdagangan yang bersifat lebih luas atau bebas dapat memungkinkan masyarakatnya untuk mengimpor lebih banyak barang dari luar negeri. Maka ini dapat menyebabkan pihak konsumen memiliki beberapa pilihan dan juga dapat menikmati bagaimana barang itu lebih baik pada posisi harga yang begitu rendah. Sedangkan dari sisi produksi global dapat ditingkatkan dan dipulihkan melalui beberapa spesialisasi dan perdagangan faktor produksi dunia yang dapat lebih efisien untuk digunakan serta output dunia semakin luas sehingga masyarakat dapat memperoleh suatu keuntungan yang kemudian dapat meningkatkan tabungan dan pembelanjaan.

Demikian, postingan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua agar lebih peka lagi dalam menyikapi pengaruh globalisasi yang terjadi dimasyarakat. terutama tentang pengaruhnya yang bersifat negatif. sehingga masyarakat dapat menyaring segala bentuk informasi maupun budaya-budaya asing yang masuk di daerah masing-masing.

KAJIAN SOSIAL
KAJIAN SOSIAL Assalamualaikum Wr. Wb Abd Rahman Asril, sudah ngeblog dari tahun 2015, dan saat ini mengajar di MTs. Negeri 1 Pohuwato, Gorontalo

1 komentar untuk "TUGAS MATA KULIAH GLOBALISASI"

  1. Poker online dengan presentase menang yang besar
    ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :D
    WA : +855969190856

    BalasHapus