Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOSIOLOGI DAN KAITANNYA DENGAN ILMU LAINNYA


SOSIOLOGI DAN KAITANNYA DENGAN ILMU LAINNYA

baiklah kali ini kita akan membahas tentang konsep sosiologi dan kaitannya dengan ilmu lainnya

1. PENGERTIAN SOSIOLOGI

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai sosiologi, kita terlebih dahulu membahas tentang apa sosiologi itu ? jika kita membahas sosiologi dalam istilah, sosiologi berasal dari dua kata yaitu Socius, yang artinya teman, kawan dan bias juga diartikan sebagai lawan, dalam kajian lebih kompleks Socius juga diartikan  sebagai masyarakat. Sedangkan Logos,merupakan ilmu pengetahuan. Jadi pada kesimpulannya berdasarkan kedua istillah tersebut, sosiologi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang hubungan pertemanan, maupun lawan dalam sebuah tatanan kemasyarakatan. Saya sedikit menambahkan mengenai arti sosiologi tersebut, berdasarkan apa yang saya dapatkan dan berdasarkan kajian maupun diskusi dengan dosen-dosen sosiologi di kampus. 

Menurut pendapat saya, jika sosiologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, terdapat sedikit kejanggalan dalam konsep masyarakat itu sendiri. Karena setiap cabang ilmu apapun, entah itu hukum, ekonomi, antropologi bahkan biologi sekalipun mempelajari tentang masyarakat serta implikasinya ke masyarakat itu sendiri. Jadi apa yang lebih spesifik tentang sosiologi itu sendiri ? berdasarkan diskusi dengan dosen-dosen sosiologi di kampus, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, yang dipelajari dari masyarakat adalah, tentang interaksi sosial, hubungan antar etnik, stratifikasi sosial, diferensiasi sosial dan masih banyak lagi yang menjadi objek kajian sosiologi. Itu adalah objek kecil yang dibahas dalam masyarakat.  Sebgagaimana yang dikatakan oleh Veeger, dalam bukunya Realtas sosial, sosiologi adalah mempelajari secara terstruktur tentang kehidupan bersama manusia, serta mempelajari tentang perilaku manusia, dan perilaku manusia dalam berbudaya.

2. APA PENTINGNYA MEMPELAJARI SOSIOLOGI ?

Diawal kita telah membahas mengenai konsep sosiologi itu sendiri yang mana membahas mengenai segala yang berhubungan dengan individu maupun masyarakat, seperti hubungan antar individu, maupun individu dan masyarakat, yang ddalamnya terdapat interaksi sosial, struktur sosial, dan masih banyak lagi. Yang menariknya adalah dengan kita mempelajari sosiologi kita dapat mengetahui bahwa mempelajari masyarakat itu sangatlah luas sehingga bagi kita yang akan terjun ke masyarakat dalam hal ini melakukan sosialisasi ataupun penyuluhan, kita telah terbekali mengenai apa-apa yang akan dilakukan agar tidak terjadi masalah dalam masyarakat. 

3. HUBUNGAN SOSIOLOGI DENGAN CABANG ILMU LAINNYA


a. Hubungan Sosiologi Dengan Antropologi
Telah kita ketahui bersama bahwa sosiologi membahas tentang perilaku masyarakat dalam sebuah hubungan sosial. Berkenaan dengan itu, antropologi membahas tentang kebudayaan, yang didalamnya terdapat sistem kepercayaan, sistem ekonomi, sistem kekerabatan dan lain sebagainya. Nah hubungan keduanya adalah sosiologi membahas perilaku dari sebuah tatanan masyarakat yang berbudaya. Seperti perilaku masyarakat dalam tradisi ritual  dutai duata. Dimana dalam tradisi tersebut, dalam masyarakat Bajo, tradisi ini dimana sebelum mereka akan pergi melaut, mereka akan melakukan ritual-ritual tersebut agar tidak terjadi yang tidak diinginkan dilaut serta agar raja laut yang menjadi kepercayaan masyarakat Bajo akan diberikan kelimpahan rezeki. 

b. Hubungan Sosiologi Dengan Kesehatan
Kesehatan merupakan sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang cara hidup sehat, serta pencegahan dan mengobati dari sebuah penyakit. Hubungan keduanya adalah sosiologi akan mempelajari mengenai perilaku serta gaya hidup dari masyarakat dalam menjaga kesehatannya. Contohnya dalam keseharian, masyarakat pasti akan mengkonsumsi makanan, perilakunya adalah ada masyarakat atau individu yang mencuci tangan sebelum makan dan ada juga yang tidak, serta contoh lain adalah aktifitas masyarakat dalam membersihkan saluran yang kotor.

c. Hubungan Sosiologi dengan Hukum 
Hukum merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang urusan tindak pidana, maupun pencegahan terhadap perilaku kejahatan. Hubungannya dengan sosiologi adalah aparat penegak hukum merupakan salah satu dari kajian sosiologi dari norma hukum yang ada dimasyarakat yang merupakan salah satu bentuk pranata sosial.

Demikian dulu postingan saya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi kalian yang membahas mengenai kajian sosiologi.

KAJIAN SOSIAL
KAJIAN SOSIAL Assalamualaikum Wr. Wb Abd Rahman Asril, sudah ngeblog dari tahun 2015, dan saat ini mengajar di MTs. Negeri 1 Pohuwato, Gorontalo

3 komentar untuk "SOSIOLOGI DAN KAITANNYA DENGAN ILMU LAINNYA"

  1. Do this hack to drop 2 lbs of fat in 8 hours

    At least 160k women and men are losing weight with a simple and secret "liquid hack" to drop 1-2lbs each and every night as they sleep.

    It's very simple and it works every time.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Go grab a glass and fill it up with water half glass

    2) Then use this proven hack

    so you'll become 1-2lbs lighter when you wake up!

    BalasHapus
  2. ada 9 permainan poker menarik di AJOQQ :D
    ayo segera bergabung dan dapatkan bonusnya :D
    WA : +855969190856

    BalasHapus