Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Tentang Pengambilan Keputusan

KATA PENGANTAR

Pertama-pertama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat ALLAH SWT  yang telah memberikan rahmat,taufik dan hidayah –NYA  sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Adapun judul makalah ini adalah “SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM (IJTIHAD)”
Shalawat dan salam kita sanjungkan ke pangkuan Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kegelapan ke alam terang benderang seperti yang kita rasakan saat ini, dan kepada seluruh sahabat dan keluarga beliau sekalian.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih terdapat kekurangan dan kehilafan.Oleh karena itu, kepada teman-teman di mohon saran dan kritik yang bersifat sebagai motivasi kepada kami untuk lebih baik lagi, dan bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini untuk selanjutnya. Amin. 
Wassalam alaikum Wr. Wb

BAB IPENDAHULUAN

Latar Belakang
Cepat atau lambat, hampir setiap yang memerlukan bantuan ahli dalam mengambil suatu keputusan yang penting .jika ia meliputi masalah kedokteran hokum, atau teknologi yang rumit kita barangkali tidak dapat  mengerti sepenuhnya situasi dimana kita berada atau masalah yang kita hadapi. Kita mungkin tidak tahu alternatif. Alternative yang dapat  dipakai atau akibat-akibatnya yang mungkin akan timbul . untungnya para ahli yang tak terbilang jumlahnya dapat dipakai untuk  dapat membantu kita dalam situasi-situasi ini. Bab ini menguraikan bagaimana memanfaatkan para ahli dengan sebaik-baiknya bila anda memerlukan bantuan mereka dalam mengambil suatu keputusan.Ada tiga kesalahan pokok yang di buat orang-orang dalam situasi-situasi yang memerlukan bantuan dari para ahli. Pertama, mereka mungkin membuat kesalahan dengan tidak  mendapatkan bantuan seorang ahli. Kedua, mereka mungkin mendapatkan ahli yang tidak semestinya. Dan ketiga, mereka mungkin menyalahgunakan ahli itu sehingga mereka tidak  memperoleh nasihat yang mereka perlukan.
Rumusan Masalah
Bila seorang ahli diperlukan?
Memilih seorang ahli?
Keselarasan dan kesenjangan emosi?
Nasihat dari seorang ahli saja apakah sudah mencukupi?
Perlukah para non-profesional dimintai nasihatnya?
Mendapatkan sebanyak-banyaknya dari ahli?
Peraturan-peraturan untuk pewawancaraan efektif?
Pertanyaan-pertanyaan sample guna mengatasi masalah-masalah khusus

BAB IIPEMBAHASAN


MEMINTA NASEHAT PARA AHLI
Ada tiga kesalahan pokok  yang dibuat orang-urang dalam situasi - situasi yang memerlukan bantuan dari para ahli. Pertama, mereka mungkin membuat kesalahan dengan tidak mendapatkan bantuan seorang ahli.Kedua, mereka mungkin mendapatkan ahli yang tidak semestinya.Dan ketiga, mereka mungkin menyalahgunakan ahli itu sehingga mereka tidak memperoleh nasihat yang mereka perlukan.

Bila seorang ahli diperlukan
Lazimnya kita tahu bahwa seorang ahli diperlukan, setiap kali kita menghadapi suatu masalah yang kita ketahui memerlukan pengetahuan tekhnis yang tidak kita miliki, keperluan menjadi seorang ahli menjadi nyata. Bahaya terdapat situasi dalam mana kita tidak tahu bahwa kita tidak  memiliki pengetahuan yang mencukupi. Ketidaktahuan kita tentang suatu bahaya yang potensial yang menghalangi kita untuk tahu bahwa kita memerlukan seorang ahli guna mengatasi bahaya itu. Celakanya tidak suatu teknik yang ampuh untuk menentukan situasi-situasi mana yang nampaknya sederhana yang mengandung bahaya tersembunyi dan mana yang benar-benar cukup mudah untuk diatasi sendiri,. Saran terbaik adalah tetap ahli dalam setiap keputusan penting yang diambil,. Tanyalah pada diri sendiri pada setiap  tahap pengambilan keputusan apakah diri sendiri serta para kenalan anda yang paling cakap siapa yang anda hadapi. 
Sekalipun hasil akhirnya menunjukan bahwa bantuan ahli tidak diperlukan, si pengambil keputusan dapat memperoleh manfaat dengan mempertimbagkan kemungkinan dimintainya  nasihat dari seorang ahli. Sebagai contoh pikirkanlah seorang pria muda yang tiba-tiba  menghadapi suatu situasi pajak pendapatan yang jauh lebih rumit daripada yang telah diatasinya di masa yang lalu. Dia sudah selalu mengerjakan pengambilan pajak pendapatannya sendiri, tetapi untuk tahun ini untuk  pertama kalinya, dia telah menerima upah konsultasi dan pendapatan imbalan yang hasilnya perlu dilaporkan pada formulir-formulir tambahan. Dia mempertimbangkan kepergiannya kepadaseorang ahli perpajakan. Seorang pengacara atau seorang akuntan yang mengadakan spesialisasi dalam masalah-masalah pajak wiraswasta yang akan memberikan nasihat keahlian yang akan di butuhkan sesudah membaca petunjuk-petunjuk untuk pengisian formulir, dan sebuah buku pedoman pajak yang pengisian pengembalian yang nampaknya relative terus terang. Oleh sebab itu dia memutuskan untuk tidak memerlukan seorang ahli .dia sudah cukup maklum untuk menyadari bahwa pengembaliannya tidak meliputi manapun diantara masalah-masalah yang lebih rumit. Seperti pengeluaran-pengeluaran atau depresiasi kantor induk dimana ada pilihan-pilihan mengenai bagaimana melaporkan pengeluaran-pengeluaran yang akan mendatangkan suatu perbedaan besar dalam pajaknya. Jika pengembaliannya telah meliputi manapun diantara masalah-masalah ini meminta nasihat dari seorang perpajakan mungkin telah mengakibatkan penghematan uang dalam suatu jumlah yang besar.

Memilih seorang ahli
Sesudah anda memutuskan bahwa seorang ahli diperlukan, langkah berikutnya adalah mencari seorang ahli yang baik, langkah ini mungkin saja amat sulit.Diperlukan seorang ahli untuk menilai seorang ahli, tetapi setidak-tidaknya, anda seharusnya dapat menghindarkan pemilihan seseorang yang tidak memiliki kecakapan profesiaonal. Jenis ahli yang lazim diminta nasihatnya adalah dokter, kita semua menghadapi masalah pencarian seorang dokter yang dapat  kita percayai baik pribadinya maupun sebagai seorang ahli dalam pengobatan. Maka itu pertama-tama kita akan mempertimbangkan secara singkat masalah pemilhan seorang dokter yang baik dan sesudah itu menunjukan bagaimana pertimbangan-pertimbangan yang sama berlaku atas para ahli dari jenis-jenis lainnya.

Keselarasan dan kesenjangan emosi
Guna mendapatkan manfaat  sepenuhnya dari konsultasi dengan seorang ahli sebaiknya dia dalah seorang yang anda rasa selaras sebagai pribadi disamping sangat cakap sebagai seorang yang profesioanal dalam bidang spesialisnya. Penelitian akhir-akhir ini telah menekankan pentingnya penyerasian para konsultan professional dengan para klien agar mereka selaras dengan satu sama lain. Walaupun penyerasian yang sempurna tidak pernah dapat  diadakan, penyerasian terhadap segi-segi dasar dapat  menimbulkan suatu perbedaan dasar dalam sejauh mana seorang klien memahami dan memakai informasi yang  diperoleh dari seoarang dokter., pengacara, dan professional lainnya. Nampaknya wajar memilih seorang ahli, di antara orang-orang yang anda ketahui amat cakap, yang mungkin mempunyai nilai-nilai yang sama dengan yang anda punyai. Dan yang gaya hidupnya sama dengan gaya hidup anda sendiri. Jika ada keselarasan yang baik anda berdua akan mungkin lebih mudah untuk berlaku jujur, terhadap satu dengan yang lain, dan mengelakkan kesalahfahaman. Masalah keselarasan sangatlah istimewa penting terutama bagi orang-orang yang menjadi anggota kelompok terhadap mana ada prasangka-prasangka yang kuat seperti kulit hitam dan wanita,  mereka harus amat berhati-hati mencari seorang ahli yang tidak mau memarahi mereka atau mengambil alih tanggungjawab yang seharusnya menjadi tanggungjawab  mereka.

Nasihat dari seorang ahli saja apakah sudah mencukupi
Bagi keputusan-keputusan yang paling banyak akibatnya yakni, yang mempengaruhi hari depan anda yang paling drastic,  Adalah realistis untuk tidak merasa aman.mengenai ketergantungan. Kepada seorang ahli semata.Agar sungguh-sungguh merasa yakin akan sesuatu keputusan yang sangat vital. Idealnya anda boleh meminta nasihat-nasihat dari sejumlah ahli, membiarkan mereka memperdebatkan permasalahan dan sesudah itu memungut suara, yang akan memberi anda maslahat dari konsesus ke bijaksanaan kolektif  mereka. Tetapi agar realistis mengenai itu, lazimnya anda harus merasa puas dengan hanya mendapatkan suatu pendapat yang kedua. Jika kedua ahli yang anda mintai nasihat tidak sependapat  penting untuk mengetahui alasan-alasan mereka. Seperti yang di katakan  oleh Bertrand Russell, bila para ahli tidak sependapat  tak satupun sikap mengenai persoalan dapat dipandang pasti oleh para awam. Pengajuan pertanyaan lebih jauh kepada para ahli mungkin akan membekali anda dengan informasi factual yang berharga. Dan dapat membantu anda memutuskan yang mana yang harus diikuti , barangkali dia akan menyadarkan anda bahwa anda sebaiknya meminta nasihat dari seorang ahli ketiga meskipun hal yang sedemikian itu menuntut biaya dan ikhtiar.

Perlukah para non-profesional dimintai nasihatnya
Bila suatu keputusan memerlukan nasihat kedokteran, salah seorang dari teman-teman atau kerabat-kerabat anda mungkin tidak akan tampil dengan suatu jalur tindakan altenatif yang lebih baik, daripada pengobatan yang telah direkomendasikan oleh dokter anda, tetapi kendatipun demikian mereka mungkin akan menarik perhatian anda kepada pertimbangan-pertimbangan baru yang sepantasnya anda fikirkan. Apa yang mereka utarakan mungkin akan mempengaruhi anda untuk membangkitkan beberapa pertanyaan penting untuk ditujukan kepada ahli kedokteran yang nasihatanya akan anda mintai. Hal yang sama berlaku pula pada jenis kepurtusan manapun lainnya yang memerlukan nasihat professional. Kadang-kadang seorang kerabat atau teman dapat melakukan lebih daripada sekedar menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru. Mengenai dari akibat dari suatu jalur tindakan yang akan segera anda ambil. Kami tidak bermaksud untuk mengimplikasikan bahwa bila suatu keputusan bertumpu pada nasihat para ahli seperti bila anda terlibat dalam suatu keputusan hokum, keuangan, atau kedokteran anda seharusnya menolak apa yang dikatakan para ahli itu dan sebagai gantinya meminta nasihat dari orang awam kami juga tidak menganjurkan anda untuk menerima tanpa menyelidiki secara kritis segala fakta yag disebutkan maupun argumentasi. Persuasive yang dikemukakan oleh siapa saja yang anda kenal.Meskipun anda percaya bahwa maksud mereka adalah semata-mata untuk membantu anda secara tulus, maksud kami dalah sesudah mendapatkan nasihat dari ahli-ahli terbaik yang dapat anda cari masih ada gunanya memperbincangkan masalah yang anda hadapi dengan kerabat atau teman-teman anda.Walaupun mungkin mereka mempunyai pengetahuan yang tak seberapa tentang perkara-perkara semacam itu ketimbang ahli professional.

Mendapatkan sebanyak-banyaknya dari ahli 
Bila seorang pergi keseorang ahli guna memperoleh penyuluhan atau konsultasi, ahli tesebut lazim dipandang sebagai si pewawancara atau kliennya atau sebagai pihak yang diwawancarai, label-label itu mengandung butir-butir kebenaran, karena cara satu-satunya seorang konsultan dapat mengetahui tentang kesulitan-kesulitan yang akan di hadapi serta tujuan-tujuan seorang klien adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan uang pantas. Tetapi label-label itu dengan implikasinya bahwa hanya konsultan yang akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Adalah menyesatkan bahkan merusak.dikatakan merusak karena label-label pertanyaan mungkin menghalang-halangi klien untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan guna mendapatkan informasi yang esensial dari sang ahli. Seoarng klien seharusnya dapat meningkatkan keektifannya sebagai pewawancara dengan memperhatikan apa yang diketahui tentang seni serta ilmu wawancara. Seperti yang telah di kembangkan oleh para psikolog. Selain dia harus siap mengambil peran yang jauh lebih aktif  dengan perhatian yang semsestinya terhadap perasaan sang ahli. Yang mungkin saja tidak senang untuk berpean sebagai pihak yang diwawancarai.

Peraturan- peraturan untuk pewawancaraan efektif
Agar berhasil seorang pewawancara dokter atau ahli lainnya yang nasihatnya anda perlukan adalah penting untuk bukan saja berlaku arif dalam cara mengajukan prtanyaan tetapi juga membawakan suatu sikap yang benar-benar menghargai ketrampilan, pengetahuan, serta status social sang ahli. Keberhasilan anda dalam mendapatkan kerjasama dari para ahli yang nasihatnya anda perlukan akan tergantung antara lain pada sejauh mana anda sudah siap untuk melaksanakan suatu wawancara yang efektif. Dengan menghargai secaa wajar keengganan di pihak sang ahli untuk menjawab pertanyaan anda anda dapat memakai tehnik-tehnik wawancara yang diajarkan kepada mahasiswa tingkat akhir dalam ilmu=ilmu perilaku guna memungkinkan mereka menghindarkan atau meminimalkan hambatan-hambatan psikologis yang menghalangi pewawancara mendapatkan serta melaporkan jawaban-jawaban yang syah. Satu hambatan pokok sudah disebutkan yaitu keengganan dari pihak yang diwawancarai untuk menjawab pertanyaan dari pewawancara.Hali ini lazimnya timbul dari kecurigaan dan maksud wawancara. Kekhawatiran akan dinilai oleh pewawancara atau rasa kelayakan dari pihak yang akan diwawancarai. Kesulitan kedua timbul meskipun pihak yang diwawancarai mungkin amat rela menjawab semua pertanyaan.Ada kaitan-kaitannya dengan perolehan jawaban-jawaban yang berperasangka yang oleh respondan diduga ingin didengar oleh pewawancara.Hambatan ketiga untuk perolehan data-data syah dari wawancara ada kaitannya dengan kesilafan ingatan dari pewawancara kalau dia tidak menyimpan catatan yang teliti.Sebagian besar dari peraturan-peraturan pokok yang diikuti oleh pewawancara tertatih diciptakan guna mengimbangi ketiga sumber kesalahan ini.Peraturan-peraturan tersebut diterapkan bagi pewawancara bukan saja atas para ahli professional tetapi juga atas teman-teman serta kenalan yang mungkin memiliki butir-butir pengetahuan keahlian tentang satu atau lebih dari pilihan-pilihan yang sedang dicoba dibuat seseorang. Dalam seksi-seksi berikut ini, kita akan menerapkan sebagian dari peraturan-peraturan pewawancara  efektif  terhadap  kesulitan-kesulitan khusus yang mungkin akan dijumpai oleh seorang klien bila dia mencoba mewawancarai seorang dokter  atau ahli professional  lainnya.

Membangun hubungan 
Diskusi-diskusi ilmiah tentang pewawancaraan selalu menekankan pentingnya penciptaan  hubungan baik dengan pihak yang di wawancarai agar dia mau menjawab segala pertanyaan secara lengkap dan jujur. Beberapa petunjuk  umum biasanya  di berikan untuk penciptaan serta pemeliharaan hubungan dengan yang baik dengan siapa saja yang akan di wawancarai. Hal lain yang harus  diingat demi memelihara hubungan baik. Adalah  yang meliputi pengalimatan pertanyaan.

Menghindarkan pertanyaan 
Biarpun anda sudah memilih sebagai percobaan apa yang anda rasa sebagai jalur tindakan yang terbaik, dan hanya bercakap-cakap dengan seorang ahli yang terakhir guna mencari kepastian saat terakhir, anda seharusnya tidak  mengatakan kepada sang ahli pada awal pertemuan apa yang nampaknya sebagai hal yang terbaik untuk dilakukan dan lalu menanyakan apakah dia setuju dengan pilihan anda. Pokok utama tentang peraturan penghindaran pertanyaan yang menjurus adalah pertanyaan yang sedemikian itu cenderung untuk memancing jawaban-jawaban yang berprasangka kadang-kadang tanpa disadari oleh pewawancara atau orang yang diwawancarai. Tegasnya peraturan ini dalam bentuk positif berbunyi selalulah mencoba mengalimatkan pertanyaan dengan suatu cara yang menerangkan dengan orang yang diwawancarai untuk mengatakan seluruh kebenaran seperti yang dilihatnya. 

Mencegah kesalahfahaman
Biar bagaimana, pertanyaan yang menjurus dapat berguna dalam keadaan-keadaan tertentu yang sesekali timbul dalam suatu wawancara.Keadaan yang lazim adalah saat anda telah mendapatkan sebuah jawaban yang agak kurang jelas bagi sebuah pertanyaan yang penting. Para profesioanal kadang-kadang menggunakan istilah-istilah teknis secara leluasa tanpa menyadari bahwa para klien mereka tidak mengerti apa yang sedang mereka bicarakan. Ada satu fasal lagi yang harus kita ketahui tentang kesalahfahaman.Adalah penting untuk menghindarkan petanyaan ganda yakni pertanyaan yang menggabungkan dua perkara yang terpisah-pisah dan memerlukan jawaban yang terpisah-pisah pula.

Merangsang ahli memberikan jawaban lengkap
Banyak ahli terutama dikalangan para dokter tidak biasa menjelaskan ide-ide mereka pada klien. Mereka beranggapan bahwa tugas mereka adalah melakukan apa saja yang perlu atau mereka Cuma menyuruh klien apa yang harus dilakukan tanpa memberikan penjelasan. Satu kesulitan mengenai pengekspresian perhatian baik verbal, atau nonverbal adalah anda mungkin secara tak disengaja memperkuat satu pendapat atau pendirian tertentu suatu masalah. Oleh karena itu sangat penting menghindarkan dorongan atau ransangan selektif dengan  memperlihatkan perhatian yang sama besar dalam segala informasi dari berbagai jenis yang diberikan sang ahli. Terutama bila dia membicarakan tentang kesepakatan serta keberatannya bagi masing-masing alternative.

Mengatasi pengelakan 
Kadang-kadang anda mungkin akan melihat bahwa salah satu pertanyaan-pertanyaan anda tanpa diduga Nampak dielakkan oleh sang ahli. Guna menghindarkan rusaknya hubungan lazimnya yang  terbaik adalah tidak mengulangi petanyaan anda atau segera mencoba merumuskannya kembali. 

Bertumpu kepada catatan daripada kepada ingatan
Biasanya tidak dapat membuat catatan terperinci dalam suatu wawancara dengan seorang konsultan ahli, tetapi anda dapat mengikuti peraturan standar yang diberikan kepada para peserta latihan dalam pewawancaraan untuk sedemikian itu, yaitu menyediakan lebih kurang setengah jam segera sesudah wawancara usai guna mencatat segala hal-hal yang penting yang dapat anda ingat sementara mereka masih segar dalam ingatan.

Pertanyaan pertanyaan sampai guna mengatasi masalah-masalah khusus
         Sebagai pelengkap bagi pedoman-pedoman umum kepada kami pewawancaraan yang efektif .
Bila anda tidak merasa pasti mengenai imbalan professional
Bila pertimbangan atau rekomendasi professional tidak jelas
Bila sang ahli tidak menyatakan alasan bagi kesimpulannya
Bila sang ahli tidak mengatakan apa-apa tentang jalur-jalur tindakan alternative
Bila anda  ingin mendengar lebih banyak kesepakatan serta keberatan atasalternative-alternatif            terpenting
Bila sang ahli masih berbicara terlalu sedikit
Bila sang ahli berbicara terlalu banyak 


BAB IIIPENUTUP


Kesimpulan
Hampir setiap orang memerlukan bantuan ahli dalam pengambilan keputusan-keputusan penting namun kemungkinan terdapat kesalahan yang sangat penting dari mereka yang meminta bantuan seorang ahli.Guna mendapatkan manfaat sepenuhnya dari konsultasi dengan seorang ahli sebaiknya ahli tersebut harus cakap dan professional, untuk itu dalam melakukan wawancara dengan para ahli harus memenuhi peraturan-peraturan untuk pewawancaraan efektif.


DAFTAR PUSTAKA
Manullang. M, Pedoman Praktis : Pengambilan Keputusan, Edisi 1, Yogyakarta: BPFE.


KAJIAN SOSIAL
KAJIAN SOSIAL Assalamualaikum Wr. Wb Abd Rahman Asril, sudah ngeblog dari tahun 2015, dan saat ini mengajar di MTs. Negeri 1 Pohuwato, Gorontalo

Posting Komentar untuk "Makalah Tentang Pengambilan Keputusan"