Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KARAKTERISTIK PETERNAK AYAM KAMPUNG

KARAKTERISTIK PETERNAK AYAM KAMPUNG


PENDAHULUAN


Indonesia mempunyai keunggulan komparatif (comparative advantage) sebagai negara agraris dan maritim.Setelah keunggulan tersebut merupakan fundamental perekonomian yang perlu didayagunakan melalui pembangunan ekonomi `sehingga menjadi keunggulan bersaing (competitive advantage).Dengan begitu perekonomian yang dikembangkan di Indonesia memiliki landasan yang kokoh pada sumber daya domestik, memiliki kemampuan bersaing dan berdayaguna bagi seluruh masyarakat Indonesia (Nugraha, 2008:1).
Indonesia dikenal dengan keanekaragaman hayati banyak hewan dan tumbuhan yang hidup dan berkembang dengan baik, salah satunya adalah ayam kampung.Ayam kampung merupakan ayam tradisional di Indonesia yang kehidupannya sudah melekat dengan manusia.Ayam kampung sudah menyatu dengan pola hidup agraris orang Indonesia sejak jaman dahulu kala. Hal itu pada zaman dahulu belum ada kota metropolitan seperti sekarang dan baru ada kampung-kampung sederhana maka jadilah ayam tradisional yang disebut ayam kampung. Ayam kampung bagus dikomsumsi dari pada ayam broiler karena ayam kampung memiliki daging yang yang renyah dari pada ayam broiler.Dikarenakan permintaan konsumen semakin bertambah maka telah ditemukan teknologi terbaru dalam mengatasi permintaan konsumen dipasaran yakni ayam kampung super.
Ayam kampung super adalah hasil persilangan antara ayam kampung dengan ayam ras jenis petelur.Ayam hasil persilangan tersebut memiliki hasil pertumbuhan yang lebih cepat dari ayam kampung tradisional sehingga orang sering menyebutnya ayam kampung super. Tampilan ayam kampung  super memiliki bentuk yang hampir sama dengan ayam kampung lainnya. Yang jantan memiliki ukuran yang besar  dari betina. Persilangan tesebut bertujuan agar memilki ayam kampung yang memiliki produktivitas yang tinggi, budidaya ayam kampung sangat menguntungkan karena dapat dipanen dalam waktu yang singkat.(Salim, 2013:11)
Sektor pertanian merupakan sektor paling unggul di Kabupaten Bone Bolango, luas lahan yang cukup luas maka para penduduk di daerah ini paling banyak mata pencahariannya petani.dari luas lahan pertanian yang ada maka para petani mengoptimalkan lahan tersebut sebagian menjadi lahan usaha ternak. Salah satu usaha ternak ayang ada di Kecamatan Tilongkabila  yaitu Usaha Ternak Ayam super. Usaha ternak ayam kampung super yang dijalankan para peternak sesuai dengan factor-faktor produksi yang ada dengan harapaan akan memperoleh pendapatan yang menguntungkan bagi keluarga. 
Berdasarkan uraian diatas maka penulis akan melaksanakan kajian tentang “Karakteristik Peternak Ayam Kampung Super di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango”.

Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah sebagai berikut:
Bagaimana Karakteristik peternak ayam kampung super di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.?

Tujuan Penelitian

Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik peternak ayam kampung super di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
Manfaat Penelitian.
Adapun manfaat penelitian yaitu sebagai berikut :
1. Sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah maupun masyarakat yang berkaitan dalam                      mengambil kebijakan dalam pengembangan dan peningkatan produksi ayam kampung super.
2. Sebagai bahan masukan bagi petani khususnya peternak ayam kampung super.
3. Sebagai bahan study dan referensi bagi mahasiswa yang berhubungan dengan skripsi  ini,                     khususnya mahasiswa agribisnis.

untuk lebih lengkapnya mengenai artikel ini silahkan klik 
https://www77.zippyshare.com/v/vMVGMU48/file.html terimakasih telah mengunjungi blog saya. semoga bermanfaat bagi kita semua
KAJIAN SOSIAL
KAJIAN SOSIAL Assalamualaikum Wr. Wb Abd Rahman Asril, sudah ngeblog dari tahun 2015, dan saat ini mengajar di MTs. Negeri 1 Pohuwato, Gorontalo

Posting Komentar untuk "KARAKTERISTIK PETERNAK AYAM KAMPUNG"