Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DAMPAK SOSIAL PT. TRI JAYA TANGGUH

DAMPAK SOSIAL  PT. TRI JAYA TANGGUH


DAMPAK SOSIAL DAMPAK SOSIAL PT. TRI JAYA TANGGUH

ABSTRAK
Sri Yulan Sawal. Nim : 281412074.2012. Dampak Sosial PT.Tri Jaya Tangguh ( Suatu Penelitian Di Des Motoduto Keamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo). Skripsi, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Ridwan Ibrahim, S.Pd.,M.Si; Dan (II) Sainudin Latare, S.Pd.,M.Si.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Dampak Sosial PT. Tri Jaya Tangguh Bagi Kehidupan Masyarakat Desa Motoduto Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Deskriptif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pada dasarnya sebagian besar masyarakat Desa Motoduto adalah petani/buruh tani, namun setelah beradanya PT. Tri Jaya Tangguh memberikan pengaruh dan perubahan terhadap sistem sosial masyarakat Desa Motoduto. Pembangunan sebuah perusahaan di lingkungan masyarakat memberikan dampak sosial bagi kehidupan masyarakat, baik dampak positif maupun dampak negatif. Adapun dampak positif yang di timbulkan akibat hadirnya perusahaan PT. Tri Jaya Tangguh di Desa Motoduto antara lain ; (1) berkurangnya pengangguran karena terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat dimana; (2) pendapatan tambahan masyarakat dengan adanya peningkatan usaha-usaha di sekitar perusahaan; (3) banyaknya petani kelapa yang menjual hasil panennya ke perusahaan; sedangkan dampak negatif adanya PT. Tri Jaya Tangguh adalah ; (1) adanyanya masyarakat lokal yang bekerja sebagai buruh kasar, karena pihak perusahaan banyak merekrut pkerja atau teknisi dari luar Desa Motoduto; (2) pencemaran lingkungan yang di tandai dengan mulaik adanya kerusakan lingkungan akibat aktivitas perusahaan adanya polusi udara dan berkurangnya kelembapan udara; (3) pembuangan limbah ke sungai mengakibatkan sungai meluap. Terjadi perubahan-perubahan sosial di lingkungan masyarakat dengan ditandai dengan adanya perubahan mata pencaharian di masyarakat, pola pikir masyarakat, adanya pertambahan penduduk yang juga mempengaruhi kondisi sosial di lingkungan masyarakat. Kehidupan sosial ekonomi masyarakat sebelum dan sesudah adanya PT. Tri Jaya Tangguh di lihat dari sisi ekonomi dan sosial maupun pendidikan sudah mulai di perhatikan oleh masyarakatnya.

Kata Kunci : Dampak Sosial, Masyarakat.



A. PENDAHULUAN

Industrialisasi merupakan upaya sadar dan terencana dalam rangka mengelola dan memanfaatkan sumber daya guna mencapai tujuan pembangunan yakni meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan bangsa. Perkembangan industri memang membawa akibat-akibat positif bagi kehidupan manusia, perkembangan globalisasi atau industri akan selalu berarti bagi perkembangan peradaban manusia di muka bumi, dan lebih kongkrit lagi perkembangan industri ini berarti pula bagi peningkatkan kesejahteraan hidup khalayak masyarakat.
Pada hakikatnya pembangunan merupakan cerminan proses terjadinya perubahan sosial suatu masyarakat, tanpa mengabaikan kergaman kebutuhan dasar dan keinginan hidup individual maupun kelompok sosial atau institusi yang ada di dalamnya untuk mencapai kondisi kehidupan yang lebih baik. Sementara itu pembangunan mencakup tidak hanya wilayah atau lahan (kota/desa) melainkan semua unsur baik bisnis maupun masyarakat dan sebagainya. Dalam pembangunan sendiri bisa mengalami suatu perubahan, terutama dalam hal kehidupan masyarakat, dimana perubahan tersebut diakibatkan oleh pembangunan industri pabrik. Sasaran utama pemerintah dalam pembangunan ini diprioritaskan pada bidang ekonomi khususnya di titik beratkan pada ekonomi kerakyatan dalam mengimplementasikan program industri ini, maka pemerintah merupakan fasilitasi utama dan pendukung dari kegiatan masyarakat terutama di bidang sosial ekonomi. Selain itu, kebradaan industri harus memiliki kualitas dan mutu yang baik. Baik dalam kualitas peroduksi, karyawan atau pekerja/buruh pabrik ataun lebih spesifiknya kualitas dari pabrik tersebut. Dimana memiliki pengaruh dan perubahan bagi pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat sekitar pabrik ataupun industri tersebut.
           Provinsi Gorontalo khusunya daerah Kabupaten Gorontalo yang memiliki beberapa pabrik yang merupakan wadah masyarakat dalam meningkatkan kebutuhan sosial ekonomi masyarakat salah satunya adalah PT. Tri Jaya Tangguh. Perusahaan ini merupakan perusahaan baru di daerah Kecamatan Boliyohuto yang di dirikan pada tahun 2011 oleh seorang pengusaha. Akan tetapi, perusahaan PT.Tri Jaya Tangguh dianggap oleh masyarakat setempat sebagai pemenuhan permasalahan ekonomi masyarakat yang ada di desa Motoduto maupun masyarakat yang di desa-desa tetangga. PT.Tri Jaya Tangguh ini adalah pabrik yang mengelola produksi dimana bahan bakunya adalah Kelapa.
          Industrialisasi sebagai suatu aspek dalam pembangunan maka akan merubah struktur dan fungsi sosial dalam masyarakat. Maksudnya industialisasi bukan hanya mampu menaikan pertumbuhan ekonomi masyarakat, melainkan hal- hal lain pada kehidupan masyarakat seperti pertambahan penduduk sebagai akibat datangnya penduduk dari daerah lain yang sebagai tenaga kerja pabrik, dan terjadi pola pergeseran ekonomi masyarakat.
           Desa Motoduto Kecamatan Boliyohuto merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Gorontalo yang terdapat satu perusahaan dengan bahan dasar produksinya adalah kelapa. Perusahaan kelapa tersebut inilah yang dikenal masyarakat dengan nama PT Tri Jaya Tangguh. Perusahaan inilah yang menjadi salah satu penopang perekonomian masyarakat yang ada di daerah ini mengingat banyaknya perubahan yang ada di kawasan pabrik ini. PT.Tri Jaya Tangguh memiliki ±580 pekerja/ buruh yang berasal dari masyarakat setempat ataupun masyarakat luar. Adapun asal wilayah dari pekerja/buruh pabrik yaitu Limboto, Mootilango, Kampung Jawa dan Paguyaman (Mutiara, Mustika dan Bongo Tua). Meskipun pabrik ini merupakan pabrik baru di Gorontalo, akan tetapi dengan keberadaanya bisa dikatakan menguntungkan bagi masyarakat yang ada disekitar pabrik tersebut. Dampaknya antara lain adalah banyak usaha-usaha kecil yang di lakukan oleh masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki pendapatan. Misalnya rumah makan, warung-warung kecil, adapun kost-kostan untuk karyawan maupun buruh-buruh pabrik yang berasal dari berbagai desa di Gorontalo. Selain itu, adapun masyarakat sekitar pabrik yang bekerja sebagai buruh pabrik, dan masyarakat sekitar atau yang ada di desa lain yang memiliki perkebunan kelapa, juga bisa menjual hasil panen kelapa mereka kepada pihak perusahaan tersebut. Perlu di garisbawahi bahwa dengan mendapatkan suplly bahan baku dari petani kelapa yang ada, baik berasal dari masyarakat sekitar maupun masyarakat luar. Secara spesisifiknya lagi, bahwa dengan adanya pabrik tersebut maka masyarakat sudah bisa memenuhi kebutuhan mereka terutama dalam segi
perekonomian. Selain itu, adanya hubungan sosial antara masyarakat pendatang dan masyarakat desa Motoduto terjalin dengan baik, mengingat adanya kesadaran dari masyarakat setempat untuk mendapatkan penghasilan tambahan mengingat dengan adanya pabrik di wilayah tersebut.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Dampak Sosial PT.Tri Jaya Tangguh Bagi Kehidupan Masyarakat Desa Motoduto Kecamatan Boliyohuto?

apabila teman-teman ingin membaca lebih lanjut mengenai permasalahan di atas, silahkan download di link  https://www114.zippyshare.com/v/4V95qoAX/file.html




KAJIAN SOSIAL
KAJIAN SOSIAL Assalamualaikum Wr. Wb Abd Rahman Asril, sudah ngeblog dari tahun 2015, dan saat ini mengajar di MTs. Negeri 1 Pohuwato, Gorontalo

Posting Komentar untuk "DAMPAK SOSIAL PT. TRI JAYA TANGGUH"