Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEHIDUPAN PEDAGANG KAKI LIMA PASCA REVITALISASI (Studi Pedagang Kaki Lima Di Pasar Sentral Kota Gorontalo)



KEHIDUPAN PEDAGANG KAKI LIMA PASCA REVITALISASI
(Studi Pedagang Kaki Lima Di Pasar Sentral Koa Gorontalo)
Oleh
1Nirmala mooduto, Rauf A. Hatu.* Rahmatiah*
Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Gorontalo
Email : Nirmalamooduto@gmail com

ABSTRAK
Nirmala Mooduto, NIM.281412093. Kehidupan Pedagang Kaki Lima Pasca Revitalisasi’’(Studi Pedagang Kaki Lima di Pasar Sentral Kota Gorontalo)’’. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh : Bapak Prof. Dr. Rauf  Hatu, M.Si  selaku  pembimbing I Dan Ibu Dr. Rahmatiah, S.Pd., M.Si selaku  pembimbing II
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis  bagaimana kehidupan pedagang kaki lima sebelum dan sesudah revitalisasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif penelitian informan dengan cara Accidental, pengumpulan data dengan mode interview.
Hasil penelitian menyimpulkan bawa Pasar Sentral merupakan salah satu Pasar Tradisional terbesar di Kota Gorontalo dan menjadi pusat perbelanjaan masyarakat baik dalam Daerah maupun dari luar Daerah. Sebelum adanya revitalisasi kehidupan pedagang kaki lima di lihat dari segi ekonomi dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari yakni pedapatan yang di dapat dalam sehari berkisar 1.000.000-700.000. Namun hal tersebut berbeda setelah adanya revitalisasi pendapatan pedagang kaki lima yang berada di pasar sentral banyak mengalami penurunan pendapatan yakni dalam sehari pendapatan yang diperoleh hanya 250.000- 350.000. hal ini disebabkan masuknya Pasar Modern  di Kota Gorontalo yang mengakibatkan penurunan pengungunjung Pasar Sentral dan beralih ke Pasar Modern yang mudah di jangkau dan lebih berkwalitas. Sarana dan prasarana Pasar Sentral setelah revitalisasi sudah sedikit membaik. Namun masih ada beberapa bangunan yang kurang memadai serta kondisi lingkungan yang masih perlu di bersihkan.

kata kunci : Sosial Ekonomi, Revitalisasi , Pedagang Kaki Lima

Itulah singkat mengenai keidupan pedagang Kaki Lima pasca revitalisasi di pasar sentral Kota Gorontalo. agar lebih jelas membahas persoalan tersebut. silahkan klik di link https://www9.zippyshare.com/v/WVxlSWim/file.html agar mendapatkan informasi lebih mendalam semoga bermanfaat. terimakasih..

KAJIAN SOSIAL
KAJIAN SOSIAL Assalamualaikum Wr. Wb Abd Rahman Asril, sudah ngeblog dari tahun 2015, dan saat ini mengajar di MTs. Negeri 1 Pohuwato, Gorontalo

1 komentar untuk "KEHIDUPAN PEDAGANG KAKI LIMA PASCA REVITALISASI (Studi Pedagang Kaki Lima Di Pasar Sentral Kota Gorontalo)"