Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOSIOLOGI KESEHATAN

Sosiologi membahas mengenai interaksi, baik interaksi antari individu, individu dengan kelompok dan interaksi antar kelompok,  perilaku dan juga konflik yang ada di masyarakat. dikaitkan dengan kesehatan, bahwasanya individu maupun masyarakat memulai proses sosialnya dengan interaksi ketika mereka saling berinteraksi, terkadang mereka tidak memperhatikan kondisi lingkungan yang ada disekitarnya, apakah lingkungann itu bersih maupun kotor. Lingkungan dapat mempengaruhi polainteraksi yang berdampak pada perilaku masyarakat itu sendiri. Orang hidup dilingkungan yang kotor akan berdampak pada pola hidup yang sembarangan dan akan menimbulkan gejala konflik dimasyarakat. Kesimpulannya adalah sosiologi kesehatan merupakan cabang ilmu sosiologi yang mempelajari gejala-gejala sosial masyarakat mengenai kesehatan ditinjau dari sisi sosiologi.
            Berkaitan dengan hal di atas, saya mengambil masalah sosial mengenai pembuangan sampah sembarangan. Persoalan sampah itu seringkali diabaikan oleh masyarakat, yang tidak lagi peduli tentang keberadaan sampah yang ada disekitarnya, tidak mengherankan jika sebagian masyarakat yang menderita penyakit yang diakibatkan oleh interaksi antar masyarakat pada lingkungan yang kotor. Sehingga banyak orang yang menghabiskan hartanya untuk berobat kedokter-dokter dengan membutuhksn biaya yang besar yang diakibatkan oleh masalah yang tidak terlalu rumit tersebut.

            Dalam hal ini saya berpendapat  bahwa untuk mengatasi masalah tersebut adalah dimulai dari masyarakat tersebut untuk memulai hidup yang sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pemerintah sudah berupaya untuk menyelesaikan persoalan ini, dengan menyediakan tempat sampah dimana-mana hanya saja kesadaran dari masyarakat mengenai sampah tersebut sangat kurang bahkan tidak ada. Jika masyarakat sadar akan hal itu, maka masyarakat pasti akan merasakan kenyamanan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari, karena kondisi lingkungan yang bersih terbebas dari sampah.

Demikian hasil analisis saya mengenai sosiologi kesehatan, semoga bermanfaat buat kita semua.
terima kasih..
KAJIAN SOSIAL
KAJIAN SOSIAL Assalamualaikum Wr. Wb Abd Rahman Asril, sudah ngeblog dari tahun 2015, dan saat ini mengajar di MTs. Negeri 1 Pohuwato, Gorontalo

Posting Komentar untuk "SOSIOLOGI KESEHATAN"